Penandatanganan Nota Kesepahaman STMIK YMI Tegal dengan PT PNM (Permodalan Nasional Madani) Cabang Tegal.

Penandatanganan Nota Kesepahaman STMIK YMI Tegal dengan PT PNM (Permodalan Nasional Madani) Cabang Tegal.

Bertempat di RM INTAN Jatibarang Brebes, Kamis 16 Desember 2021, PT PNM (Permodalan Nasional Madani) Cabang Tegal kembali bersinergi dengan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) STMIK YMI Tegal dengan mengusung tema: Diversifikasi produk bawang merah dan strategi pemasaran pada era digital bagi nasabah PNM. Selain agenda tersebut, PT PNM (Permodalan Nasional Madani) Cabang Tegal dan STMIK YMI Tegal melaksanakan Nota Kesepahaman. Nota kesepahaman ditandatangani oleh kedua belah pihak yakni Pemimpin Cabang PT PNM (Permodalan Nasional Madani) Cabang Tegal Ananto Seno dan Ketua STMIK YMI Tegal Gunawan, S.E., Ak, M. Kom. Tentang Sinergi Progam Pemberdayaan Dan Pengembangan UMKM Melalui Program Pelatihan Teknologi Informatika.

Penandatangan Nota Kesepahaman STMIK YMI Tegal dengan PT PNM (Permodalan Nasional Madani) Cabang Tegal.

Tujuan utamanya adalah untuk menggerakkan seluruh sumber daya yang dimiliki khususnya Dosen STMIK YMI. Dosen tidak hanya mengajar tetapi mengamalkan ilmunya kepada masyarakat, sehingga sumber daya tersebut lebih bernilai manfaat. Lain dari itu bagi STMIK YMI bahwa nota kesepahaman tersebut guna memperluas kemitraan dalam rangka penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya bidang Pengabdian Masyarakat seperti yang sedang dilaksanakan pada saat ini yakni bagaimana strategi pemasaran produk diversifikasi bawang ini dapat mendunia. Selain hal tersebut kedua institusi dapt saling menguatkan bidang hak, kewajiban dan tanggung jawab dalam melaksanakan nota kesepahaman. Semoga implementasi dari Nota Kesepahaman dapat bermanfaat, khususnya bagi nasabah PT PNM Tegal. Demikian kata sambutan oleh Ketua STMIK YMI Tegal Gunawan, S.E., Ak, M. Kom

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh kedua belah pihak yakni Pemimpin Cabang Tegal PT PNM Ananto Seno dan Ketua STMIK YMI Tegal Gunawan, S.E., Ak, M. Kom Tentang Sinergi Progam Pemberdayaan Dan Pengembangan UMKM Melalui Program Pelatihan Teknologi Informatika.

Kemudian sebagai wujud PNM (Permodalan Nasional Mandiri) Tegal dalam memberdayakan penguatan sektor usaha mikro dan kecil tidak hanya memberikan permodalan, tetapi juga pendampingan intelektual dan jaringan. Sebagai upaya solusi pada saat panen harga bawang merah merosot jatuh, PNM menggandeng PT SBI (Sinergi Brebes Inovatif) sebagai produsen yang siap menampung bawang merah dari petani. juga diversifikasi produk bawang merah yang terbukti mampu berhasil ekspor varian rasa bawang crispy ke Singapura.

Disamping itu PNM juga menggandeng perguruan tinggi STMIK YMI untuk memberikan pelatihan strategi pemasaran produk berbasis digital. Pemasaran produk berbasis digital ini dimulai dengan menggunakan aplikasi tertentu untuk memilih market place, juga aplikasi bagimana cara menyajikan foto kemasan produk yang menarik serta disampaikan materi strategi pemasaran digital oleh nara sumber dari LPPM STMIK YMI Tegal Hadir pada kesempatan tersebut Ketua LPPM STMIK YMI Tegal Bangkit Indarmawan Nugroho, M. Kom beserta Tim LPPM dan perwakilan mahasiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *