STMIK TEGAL GELAR WISUDA SARJANA Ke-XV

STMIK TEGAL GELAR WISUDA SARJANA Ke-XV

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK Tegal) pada hari Rabu, 1 Desember 2021 menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana ke-XV  di Convention Hall Bahari Inn Jl. Wahidin Sudirohusodo No.1 Tegal.

Acara Sidang Senat Terbuka ini sesuai rencana akan dihadiri oleh Walikota Tegal Bapak H. Dedy Yon Supriyono, S.E, M.M, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Bapak Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., IPU., Asean Eng, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. Muhammad Zainuri, DEA, Pembina Yayasan Pendidikan Pekerti Indonesia H.A. Ghautsun, S.Sos, serta  Gunawan, S.E, Ak., M.Kom selaku Ketua STMIK Tegal.  Selain itu juga Panitia Wisuda mengundang Pimpinan Perguruan Tinggi sekitar, relasi, stakeholder, berbagai lembaga dan instansi.

Dalam rangkaian kegiatan wisuda kali ini, akan disampaikan orasi ilmiah oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Bapak Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., IPU., Asean Eng. Selain itu juga akan disampaikan keynote speech oleh Bapak Anies Rasyid Baswedan melalui video recording untuk memberikan pesan motivasi kepada para wisudawan. Kedua pembicara tersebut menitikberatkan materi sesuai tema yang diangkat dalam acara wisuda kali ini, yaitu “”Tantangan Meraih Keunggulan Kompetitif di era INDUSTRI 4.0″

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Ketua Panitia Bangkit Indarmawan Nugroho, M.Kom mengatakan, STMIK Tegal sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada penyiapan SDM bidang Sistem Informasi dan Teknik Informatika akan mewisuda 55 wisudawan jenjang Strata-1, terdiri dari 7 wisudawan dari prodi Sistem Informasi dan 48 wisudawan dari prodi Teknik Informatika, yang seluruhnya secara resmi mendapatkan gelar Sarjana Komputer (S. Kom).

Bahwa Pelaksanaan Wisuda STMIK  Tegal bertujuan selain melantik mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya, juga bertujuan upaya refleksi diri yang berkaitan dengan empat kompetensi, yaitu kompetensi akademik, kompetensi professional, kompetensi nilai sikap dan komptensi menghadapi perubahan global. Ke empat kompetensi yang akan dicapai tersebut sudah dipersiapkan dengan baik oleh STMIK Tegal. Selain telah melaksanakan sistem pembelajaran berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), para wisudawan juga mendapatkan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijasah) pengembang web pratama yang diterbitkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang bekerja sama dengan Lembaga sertifikasi profesi Inixindo Yogyakarta.

STMIK  Tegal sebagai pionir perguruan tinggi komputer pertama di wilayah pantura bagian barat Jawa Tengah telah berhasil menghantarkan ribuan mahasiswa menjadi orang yang mandiri dan berhasil, baik sebagai PNS, pegawai swasta maupun pengusaha. Kampus dibangun sedemikian rupa sehingga tidak hanya cocok untuk kegiatan-kegiatan Civitas Akademika STMIK Tegal, namun juga representatif untuk kegiatan lain.

Melihat animo masyarakat mengikuti pendidikan di STMIK Tegal yang cukup tinggi, menjadi kekuatan untuk terus mengembangkan STMIK Tegal. Segenap Dosen dan Tenaga Kependidikan terus diupayakan untuk memenuhi standar kualifikasi yang ditentukan serta konsisten dalam menjalankan program Tri Darma Pendidikan Tinggi. Program Studi Teknik Informatika & Sistem Informasi adalah program studi favorit dibidang komputer. Untuk itu, institusi juga terus berupaya mengembangkan kedua program ini, dan institusi STMIK Tegal telah terakreditasi dengan nilai Baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kemudian Sebagai wujud rasa bangga lembaga terhadap para wisudawan, pada kesempatan ini seluruh Civitas Akademika STMIK tegal mengucapkan selamat dan sukses kepada Wisudawan, semoga dengan momen wisuda ini para Wisudawan mampu mengaplikasikan semua keilmuan yang diperoleh selama studi ke dalam dunia kerja maupun mampu mandiri dengan menciptakan lapangan kerja, dengan tetap mengedepankan etika, sehingga bisa menjadi insan yang berkarakter dan bermanfaat bagi masyarakat.

Bangkit Indarmawan Nugroho, M. Kom                                                                  Ketua Panitia Wisuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *