LPPM STMIK YMI Tegal menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Bank Sampah Berbasis Teknologi Informasi

LPPM STMIK YMI Tegal menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Bank Sampah Berbasis Teknologi Informasi

LPPM STMIK YMI Tegal pada hari ini Sabtu, 10 April 2021 menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Bank Sampah Berbasis Teknologi Informasi di Kelurahan Krandon Kecamatan Margadana kota Tegal. Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Kelurahan Krandon Saefudin, S. IP beserta perwakilan elemen masyarakat seperti  PKK, LPMK, Karang Taruna, Ketua RW .

Dalam sambutannya Kepala Kelurahan Krandon Saefudin, S. IP menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan tersebut adalah kesadaran masyarakat dalam membuang sampah masih rendah, akibatnya sangat mengganggu keindahan bahkan dapat berpengaruh kesehatan lingkungan dan lebih fatal dapat mengajibatkan banjir, karena saluran tersumbat sampah.

LPPM STMIK Tegal yang disampaikan oleh Sarif Surorejo, M. Kom bahwa Sampah jika dikelola dg baik akan memberikan nilai tambah secara ekonomi dan menjadikan lingkungan bersih dan sehat. Sudah saatnya kemajuan teknolgi hadir dalam pengelolaan sampah. Dengan memanfaatkan Teknologi Informasi melalui aplikasi  pengelolaan sampah dapat digunakan mengelola sampah secara transparan dan mudah diakses. Aplikasi pengelolaan sampah tersebut memuat informasi tentang nama anggota, setoran tabungan, jenis sampah serta pemanfaatan dana atas hasil sampah tersebut. Multi guna dalam pemanfaatan pengelolaan sampah berbasis Teknologi informasi ini adalah mendidik masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi gadget dan bertukar informasi sesama anggota pengelola sampah. Kedisipilan masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya, serta memilah sampah adalah langkah awal dalam keberhasilan mengelola sampah. Serta perlunya menerapkan sanksi kepada masyarakat yang tidak disiplin karena membuang sampah sembarangan.

Gunawan, S.E. Ak, M. Kom selaku Ketua STMIK YMI  memberikan apresiasi kepada elemen masyarakat  Kelurahan Krandon tentang pentingnya masyarakat menggunakan secara bijak dalam pemanfaatan teknologi informasi pada gadget. Gadget harus dipergunakan sebagai  STMIK YMI Tegal siap mendampingi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi ini. Tidak hanya bidang aplikasi pengelolaan sampah saja, STMIK YMI juga siap mendampingi elemen masyarakat dalam pelatihan berbasis teknologi informatika seperti pada peningkatan kapasitas staf Kelurahan/desa dalam pengelolaan teknologi informasi SID Sistem Informasi Desa, serta kegiatan berbasis teknoli informasi lainnya.

Sampah kalau jadi uang, kenapa harus dibuang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *