Flutter Study Jam

Flutter Study Jam

di STMIK YMI Tegal

Hadir sebagai pembicara Edi kurniawan, S. kom (Assiciate Android Developers Google) Chief Technology Officer Whita Aplikasi Nusantara. Materi yang disampaikan adalah mengenalkan Flutter seperti cara mendapatkan SDK Flutter yang dapat di download di flutter.io dan penginstallan Editornya seperti Visual studio code dan android studio.

Bagi pengguna Visual Studio Code wajib menambahkan extension baru yaitu Flutter dan Dart untuk mempermudahkan coding dengan suggestions yang telah disiapkan di extension tersebut.

            Bagi pengguna Android Studio cukup dengan menambahkan plugin baru di repository plugin yaitu Flutter, tujuannya agar Android Studio dapat membuat project baru dengan Framework SDK Flutter.

            Dilanjutkan dengan menjelaskan tentang business value, dimana nilai bisnis bertambah dari seberapa cepat kita delivery produk, dikarenakan manajemen tidak ingin melihat coding kita (developers) tapi hanya ingin melihat hasil akhirnya.

Menjelaskan Framework Flutter hanya menggunakan bahasa pemrograman DART yang sedang dikembangkan oleh Google.

            Melakukan test kecepatan development dengan membuat project baru memiliki, Drawer, FloatingButton, Toolbar, Action Icon di Flutter yang di Compare dengan Android Studio Native dan React Native.

Menjelaskan arsitektur Flutter dari segi Framework dan Enginenya.

Pengenalan widget basic :

  1. Text
  2. Layout (Container)
  3. Image.assets dan Image.network
  4. Layout (Column dan Row)

Menjelaskan struktur scaffold di dalam flutter dan attribute scaffold seperti appBar, body, floating ActionButton, bottom  Navigation Bar, etc.

            Mengenalkan Stateless dan Stateful Widget dengan pengertian yang simple. Dimana Stateless lebih mengarah kepada User Interface saja atau sebatas tampilan, sedangkan Stateful mengarah ke interaksi aplikasi dimana widget komponen yang ada didalam stateful dapat kita interaksikan di sisi user seperti contoh button di klik mengarah ke navigator class lainnya atau operasional arimatika (tambah, kurang, bagi dan kali)

            Membuat sample aplikasi interaksi dengan operasi arimatika seperti increment operator (++) dan decrement operator (–) dengan menggunakan floatingActionButton di Scaffold dan merubah value widget Text yang telah kita siapkan variablenya.

Dilanjutkan membuat sample aplikasi basket scoring dengan menggunakan framework flutter.

            Peserta merasakan perfomance, accessibility, easy practice dan fast development dari sisi Flutter SDK ini dan menginginkan event kelanjutan dari pengenalan Flutter & Dart di STMIK YMI Tegal.

            Edi Kurniawan menyampaikan : Tak lepas rasa terima kasih kami, kepada STMIK YMI Tegal yang telah menyediakan tempatnya. Bersama  STMIK YMI Tegal juga melakukan sebuah MOU (memorandum of understanding) antara Cybereye Community dan STMIK YMI Tegal, dimana STMIK YMI Tegal bersedia berpartner dengan Cybereye community. Semoga kami dapat mempercepat kemajuan untuk SDM di daerah Tegal.

Suksesnya acara Flutter study jam di STMIK YMI Tegal dengan mengenalkan platform SDK mobile Flutter kepada peserta dari Guru, Mahasiswa, siswa dan Pegawai lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *