Selamat Hari Jadi Kota Tegal Ke 442

Selamat Hari Jadi Kota Tegal Ke 442

Segenap Civitas Academika STMIK Tegal mengucapkan Selamat Hari Jadi Kota Tegal ke 442 bertepatan tanggal 12 April 2022. “Sag Seg kerjane Marem Hasile”.

Semoga Kota Tegal semakin maju, dan sejahtera bagi warganya.

Sejarah berdirinya Kota Tegal (sumber: Wikipedia)

Pada masa lalu, Tegal adalah desa kecil yang terletak di tepi muara Kali Gung, dengan nama Tetegal. Tetegal merupakan bandar yang mengeluarkan hasil bumi, yang semula perairannya diatur oleh Ki Gede Sebayu saat berdiam di Danawarih. Karena pada saat itu daerah yang luas umumnya merupakan daerah ladang (Tetegalan), maka oleh Ki Gede Sebayu dinamakan Tegal. Versi lain mengatakan bahwa istilah Tegal berawal dari kedatangan Tome Pires, pedagang asal Portugis ke sebuah pelabuhan tua di muara Kali Gung pada abad ke-15, dimana dia menyebut pelabuhan tersebut dengan nama Teteguall.

Setelah daerah itu maju, Ki Gede Sebayu diangkat menjadi Jurudemung (demang) atau sesepuh oleh Bupati Pemalang. Saat itu Tetegal merupakan bagian dari Kabupaten Pemalang. Pengangkatan Ki Gede Sebayu menjadi Jurudemung tersebut terjadi pada 15 Sapar tahun Jawa 988, atau 12 April 1580 Masehi. Oleh karenanya, setiap tanggal 12 April diperingati sebagai Hari Jadi Kota Tegal. Tak lama Ki Gede Sebayu pun meninggal dunia, dan putranya yakni Ki Gede Hanggawana ditunjuk sebagai penggantinya. 

Mengenal Taman Pancasila

Generasi muda di Kota Tegal perlu menggali monumen bersejarah salah satunya adalah Taman Pancasila. Manfaat mengenal salah satu monumen Taman Pancasila adalah sebagai bukti nyata peristiwa sejarah yang dapat diamati pada zaman sekarang, sekaligus akan menambah wawasan dan pengetahuan atas sejarah Taman Pancasila.

Menurut sejarawan Pantura, Wijanarto, ‎Taman Pancasila dibangun dan diresmikan oleh Soekarno pada tahun 1950-an. ‎”Taman Pancasila itu bisa disebut cagar budaya karena itu diresmikan Soekarno saat datang ke Tegal,” kata Wijanarto 

Taman Pancasila dibangun menjadi simbol kemakmuran dan keadilan serta untuk merajut kembali rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Artikel suara.com menarik untuk disimak tentang sejarah Taman Pancasila di Kota Tegal. Silakan klik tautan berikut.

https://jateng.suara.com/read/2021/06/02/075219/tugu-ikonik-simbol-kesuburan-dan-jejak-soekarno-di-taman-pancasila-kota-tegal?page=all


Foto : tegalkota.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.