KEUNTUNGAN E-COMMERCE TERHADAP KONSUMEN

Oleh : Nugroho Adhi Santoso, M. Kom

Dosen STMIK YMI Tegal

Kemajuan teknologi dan informasi saat ini, banyak perusahaan menghadapi suatu tantangan dalam rangka memenuhi permintaan pelanggan dengan kualitas layanan yang tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ketersediaan informasi juga mempengaruhi cara kehidupan dalam bermasyarakat secara sedikit demi sedikit akan mempengaruhi secara keseluruhan diantaranya adalah jasa, jasa yang terkenal secara online saat ini disebuat e-commerce yang telah menawarkan berbagai kemudahan dalam pemesanan dan transaksi pembelian barang. Tidak hanya itu, e-commerce juga memberikan keuntungan bagi konsumen. Keuntungan yang didapat konsumen antara lain menghemat waktu dan biaya. Contohnya konsumen tidak perlu berlama lama untuk antri mendapatkan suatu barang atau jasa yang diinginkan.

Dalam menentukan produk-produk manakah yang akan dibeli oleh pelanggan secara bersamaan dengan melakukan analisa terhadap daftar transaksi pelanggan. Dengan mengetahui produk-produk tersebut, maka sebuah sistem e-commerce dapat mengembangkan sebuah sistem customer profiles dan dapat menentukan layout catalog pelanggannya sendiri. Harapan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa ini mampu mempersiapkan diri sejak awal untuk mengantisipasi lonjakan pelanggan yang disebabkan oleh perubahan cara berdagang dan memperkenalkan produknya serta dapat meningkatkan penjualan dari situs website e-commerce itu sendiri. Informasi yang berkualitas dapat dibilang knowledge harus memiliki nilai yang baik, tergantung pada seberapa besar manfaat yang akan diperoleh dibandingkan dengan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk memperolehnya, karena akan digunakan untuk menentukan langkah atau kebijakan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *