4 Tips Skripsi Lancar Agar Cepat Lulus Kuliah

Telah ditayang pada tanggal 6 juli 2021, 08:48 di kompas.com

Sumber : https://edukasi.kompas.com/read/2021/07/06/084813171/4-tips-skripsi-lancar-agar-cepat-lulus-kuliah?utm_source=Facebook&utm_medium=Refferal&utm_campaign=Sticky_Dekstop&fbclid=IwAR2NH-Kb__KROke_1FJzOZI61wqjtEn7fenRrp6mFEvoQxfCiQQ9v0Lszb8

Mengerjakan skripsi adalah hal yang wajib bagi mahasiswa S1. Tetapi, membuat skripsi itu butuh perjuangan. Dari mulai mencari judul skripsi, teori, data hingga bimbingan dosen adalah lika-liku para mahasiswa yang sedang mengerjalan skripsi. Tetapi, pada tahap ini, mahasiswa seringkali menemukan banyak hambatan. Beberapa hambatan di antaranya, sulit mencari judul skripsi, kehilangan motivasi, topik cukup sulit, hingga dosen pembimbing yang kurang kooperatif. Baca juga: Webinar UPN Jogja: 5 Ide Kreatif Pelaku UKM Cepat Viral Pakai TikTok Pada dasarnya, skripsi dapat dikerjakan dengan lancar jika ada kemauan dan kedisiplinan dalam diri. Karena itu, agar skripsi cepat selesai dan dapat lulus tepat waktu, butuh tips yang jitu. Melansir laman resmi Institut Teknologi Batam (Iteba), berikut 4 tips skripsi lancar yang bisa kamu terapkan agar cepat lulus kuliah.

1. Manajemen waktu yang baik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Biasanya, hambatan yang kerap terjadi pada mahasiswa saat menjalani skripsi adalah manajemen waktu. Oleh karena itu, kamu perlu membuat jadwal rutin harian mengerjakan skripsi. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat skala prioritasmu. Jika sudah tidak ada jadwal kuliah, kamu bisa mengerjakan skripsi sesuai waktu kamu biasa berkuliah. Misalnya, tentukan waktu khusus mulai dari jam 08.00-16.00. Selebihnya, kamu bisa istirahat atau mengerjakan aktivitas lainnya.

2. Jangan pusing, ayo sharing!

Dalam tahap mengerjakan skripsi, para mahasiswa tak jarang kehilangan motivasi dan merasa beban mereka lebih berat dibandingkan teman-teman lainnya. Namun ada hal yang perlu diingat, kamu bukan satu-satunya mahasiswa yang tengah atau pernah berkutat dengan skripsi. Baca juga: Seperti Ini Protokol Isolasi Mandiri, Mahasiswa Harus Paham Kamu bisa berdiskusi dan bertanya dengan teman seangkatan. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi kepada senior yang telah melalui tahap skripsi dan lulus tepat waktu.

3. Dosen pembimbing dicari, bukan dihindari

Pembimbing skripsi memang sering menjadi dosen yang paling kamu takuti saat skripsi tiba. Akan tetapi, tahap skripsimu tidak akan berjalan lancar jika dosen pembimbing tak kamu temui. Jadi, jangan malas mengatur jadwal bertemu dengan dosen pembimbing. Beliau lah yang akan banyak membantu pengembangan penulisan skripsimu. Jadwal dosen yang padat juga membuat kamu harus pintar-pintar mengatur waktu. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

4. Jangan NATO (No Action Talk Only)

Biasanya, tak jarang mahasiswa cenderung lebih banyak berbicara dan berjanji kepada diri sendiri hingga beberapa dari mereka melupakan usaha. Maka, ayo kerjakan skripsimu. Mulai pikirkan judul skripsi, objek penelitian, dan tulis apa yang ingin kamu kembangkan dalam penelitian. Sebelum menentukan topik yang kamu sukai, lebih baik kamu perbanyak membaca jurnal serta perkaya data dan referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *